Jumat, 08 Juli 2011

carasingkat membedakan Domain, Workgroup & homegroup

Domain, workgroup, dan homegroup menunjukan metode yang berbeda dalam mengorganisasi komputer di jaringan. Perbedaan utamanya adalah pada bagaimana komputer dan peralatan lain di jaringan di manage.
Komputer yang menjalankan Windows disebuah jaringan pasti bagian dari sebuah workgroup atau sebuah domain. Komputer yang menjalankan Windows di jaringan rumahan juga bisa menjadi bagian dari sebuat homegroup, tapi hal ini bisa tidak digunakan.
Sekarang kita akan membahas perbedaan antara Domain, Workgroup, dan Homegroup.

Workgroup

· Dalam sebuah workgroup komputer akan bersifat sebagai peer, tidak ada komputer yang mengontrol komputer lainnya.
· Setiap komputer memiliki user akun masing-masing, untuk masuk ke sebuah komputer yang di share di workgroup kita harus mempunya akun di komputer tersebut.
· Sebuah workgroup biasanya tidak lebih dari 20 komputer.
· Workgroup tidak dilindungi oleh password
· Semua komputer harus dalam satu subnet dan dalam satu local network.

Domain

· Ada satu atau lebih komputer yang bertindak sebagai server. Dimana dari server tersebut semua aspek security, policy dan permisi semua komputer di domain diatur oleh network admin. Hal ini akan memudahkan pengaturan semua komputer dalam domain.
· Bisa login di komputer manapun dalam domain dengan menggunakan satu domain akun.
· User hanya bisa mengubah settingan komputernya secara terbatas, karena hal-hal yang krusial sudah di atur oleh network admin di server.
· Dalam sebuah domain, jumlah komputer bisa ribuan banyaknya.
· Dan komputer bisa terletak dijaringan mana saja, tidak harus dalam satu jaringan lokal.

Homegroup

· Homegroup adalah bagian dari Workgroup, denngan Homegroup komputer akan mudah dalam berbagi pakai seperti share gambar, musik, video, dan printer dengan komputer lain yang ada di homegroup.
· Homegroup dilindungin oleh password, dimana sebuah komputer yang ingin di masukan ke homegroup diharuskan memasukan password, hal ini dilakukan sekali saja.
· Hanya ada di Windows 7.
Itulah perbedaan antara, Domain, Workgroup, dan Homegroup semoga bisa menjadi pencerahan buat kita semua.

0 komentar:

Posting Komentar